Saturday 16 September 2017

Bahasa Pemrograman PLC



Seperti yang kita ketahui PLC dapat berjalan jika dalam PLC tersebut terdapat program, nah Didalam PLC terdapat Beberapa jenis Bahasa Pemrograman PLC, jenis jenis pemrograman tersebut tergantung dari jenis atau merk PLC. antara lain sebagai berikut :
  1. Ladder Diagram
Bahasa Pemrograman ini merupakan bahasa yang paling umum dan sering digunakan dalam industri industri. karena bahasa ini sangat mudah dipahami dan tidak terlalu ribet. di dalam ladder diagram sendiri terdiri dari beberapa switch/saklar NO,NC, Garis Horizontal dan garis vertikal sebagai penyambung Rangkaian ladder .Dibawah ini Contoh gambar Ladder Diagram
  1. Mnemonic
Bahasa ini juga tidak asing bagi kalian yang menjalankan PLC dengan alat PLC CONSOLE. bahasa ini merupakan cara membaca dari bahasa Ladder Diagram.jadi bahasa ini tidak memakai garis ataupun switch melainkan memakai angka dan huruf,Dibawah ini contoh Mnemonic
  1. Function Block Diagram / Function Plan 
Bahasa pemrograman ini menitikberatkan pada hubungan antara variabel input dengan output berupa gambar blok - blok diagram dan dalam blok – blok tersebut terdapat fungsi – fungsi tertentu.
Contoh Function Block Diagram / Function Plan :
  1. Structure Text
Bahasa pemrograman ini termasuk high level language dimana biasa digunakan untuk berberapa prosedur yang kompleks menggunakan bahasa baku untuk menyatakan kondisi dari step yang berbeda. Bahasa yang digunakan mirip dengan bahasa pemrograman pascal.
  1. Sequential Function Chart
Bahasa pemrograman ini dibuat dengan sistem chart yang mempresentasikan setiap step ke dalam hubungan – hubungan transisi. Didalam chartnya sudah terdapat urutan langkah – langkah, transisi dan percabangan.
Nah itu tadi beberapa Bahasa Pemrograman PLC. yang paling sering dipakai ialah Ladder Diagram untuk PLC jenis Omron , Mnemonic serta Diagram Blok.
itu saja yang bisa saya sampaikan apabila..
happy programming guys,.

0 comments

Post a Comment