Friday 18 August 2017

Jenis Jenis Motor Listrik 1Phase


A.Motor Induksi 1Fasa
Pada prinsipnya bahawa motor listrik 1fasa adalah motor listrik arus bolak balik 2fasa yang memerlukan sumber tegangan 110Volt-240Volt AC,agat dapat menghasilkan tenaga mekanis berupa putaran.
   Berdasarkan Konstruksinya Bahwa motor induksi 1fasa terdisi darai 2buah Kumparan yakni Kumparan Utama&Bantu. Fungsi :
1.Kumparan utama: Sbg Penggerak Rotor Selama Kumparan Tersebut diberikan tegangan tertentu untuk mengoperasikan suatu beban tertentu
2.Kumparan Bantu: Membantu kumparan Utama dalam menjalankan Rotor,tetapi setelah rotor berputar 75% dari putaran maksimum maka arus yang masuk ke kumparan bantu akan terputus sehingga hanya kumparan utama yang bekerja sampai motor di matikan.
    Alat pemisah antara kumparan utama & Bantu adalah Centrifugal Switch l.alat tersebut dipasang sebagian pada as Rotor dan bagian lain tetdpt pada Rumah Rumah Motor.
     B.Jenis Jenis Motor Listrik 1Phase Dan Fungsi serta Karakteristiknya :
     1.Motor Induksi 1Fasa dengan Fasa Belah(Splate Phase Induction Motor)
    Seperti telah dijelaskan diatas bahwa jenis motor ini mempunyai 2buah kumparan stator yakni Kumparan Utama&Bantu.tetapi pada waktu motor berkerja maksimal (sesudah pengasutan/pemanasan motor) Hanya kumparan Utama
     2.Motor Induksi 1Fasa Dengan Kapasitor Sebagai Alat Mula Jalan
     Pada prinsipnya sama bahwa motor jenis ini sama dengan motor induksi 1fasa belah. Bedanya tetdapat kapasitor yang di ramgkai seri dengan kumparan pembamtu.
      Dari hasil Pengamatan Bahwa jenis motor 1Fasa dengan Fasa belah hanya dipakai untuk beban dengam daya yang relatif kecil.untuk daya yang besar perlu ditambahkan komponen yang dinamakan kapasitor.Fungsi Kapasitor Selain sebagai Memperbesar Nilai Fakyor Kerja Motor juga sebagai memperbsr kopel start motor.
       Dengan Demikian bahwa apabila motor dibebani,kita tdk perlu membantu memutarkan Rotor melalui pully/AS dari motor.Adapun jenis kapasitor yang dipakai salah satunya yaitu electrolytici capacitor.
      3.Motor Induksi 1Fasa Dengan Kapasitor Kerja
      Tipe motor ini hampir sama dengan tipe sebelumnya ,Hanya sesuai dengan namanya bahwa tipe ini .kapasitor berfiungsi sbg alat memperbesar nilai faktor kerja (power factor) daripada motor yang bersangkutan. Halil tersebut dapat dilihat dari cata pemasangan kapasitor yang dipasang seri dg kumparan bantu tetapi dipasang secara paralel dengan kumparan utama.
    Dilain pihak Bahwa kapasitor dalam hal tersebut juga Berfungsi Sebagai alat utk memperbsr kopel start motor.
     4.Motor Repulsi (Repulsion Type Motor)
     Motor Repulsi adalah motor induksi yang memiliki 2kumparan yakni kumparan utama dan bantu. Perbedaannya hanya terdapat pada statornya. Pada umunya Motor 1Fasa jenis lain mempunyai rotor sangkar tupai(squirel cage) sedangkan pada motor jenis ini menggunakan rotor berkumparan dan komulater.<p>Untuk merubah arah putaran dari rotor dilakukan dengan cara merubah posisi sikat(brushu) dari posisi semula sebesar sudut tertentu (Maximal sampai 30°)

0 comments

Post a Comment